AGAR SUKSES DALAM BUDIDAYA KROTO/TERNAK KROTO

AGAR SUKSES DALAM BUDIDAYA KROTO/TERNAK KROTO.

Kita akui, bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang instant. Semua hal butuh perjuangan, kerja keras, ketekunan dan kesungguhan dalam menuju gerbang keberhasilan. Sama halnya dalam budidaya kroto, kesungguhan dan kerja keras serta semangat untuk belajar dan maju mutlak diperlukan.
Pertama, menjadi mental pembelajar. Budidaya kroto meski sekilas tampak mudah, tetap membutuhkan ilmu khusus dalam tingkat penerapannya. Sehingga ketika anda gagal dalam budidaya kroto, jangan lantas memvonis bahwa ini mustahil bakal berhasil. Namun, bukalah pikiran anda bahwasanya pasti ada jalan, jika mau belajar.

Kedua, rawatlah bibit semut kroto anda dengan cara yang benar. Berikanlah makanan dan minuman tepat waktu. Jangan sampai anda memberikan makanan telat waktu. Sebab bila itu terjadi, bisa dipastikan bibit semut kroto anda setress dan semakin habis.

Ketiga, hindari cahaya yang terlalu terang dalam lokasi budidaya kroto anda. Mengapa demikian? Lokasi yang terlalu cerah menyebabkan semut merasa tidak nyaman di kandangnya. Maka, pilihlah lokasi yang agak sedikit gelap sehingga bibit semut kroto anda nyaman dan terus berproduksi.

Keempat., usahakan dalam ruangan atau lokasi yang sepi. Sebaliknya, lokasi semut yang ramai kurang baik bagi budidaya kroto.

Kelima, selalu memerhatikan kondisi koloni semut. Bila ada toples yang tampak mulai ditinggalkan koloni semut, segeralah pindah toples tersebut (tanpa merusak sarang didalamnya) ke tempat tepi.

Keenam, hindari kontak matahari langsung. Kontak matahari langsung membuat semut kepanasan. Akibatnya, semut bisa setress dan menjatuhkan diri ke lantai. Ketujuh, usahakan dalam ruangan beratap yang sejuk.

Ketujuh, usahakan ada ratu semut rangrang dalam jumlah yang wajar. Ratu menurut pengalaman kami sangat penting karena membuat semut nyaman dan turut menyumbang dalam produksi telur kroto.

Hindari budidaya kroto di bawah ruangan yang panas, misalnya di bawah seng, asbes dan lain sebagainya. Demikian sedikit tips sukses dalam budidaya kroto. Semoga bermanfaat dan anda bisa berhasil dalam budidaya kroto di masing-masing daerah anda.

 

 

Iklan

4 thoughts on “AGAR SUKSES DALAM BUDIDAYA KROTO/TERNAK KROTO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s