Hama Budidaya Kroto

Hama dalam Budidaya Kroto Semut Rangrang

 Hama dalam Budidaya Kroto Semut Rangrang

Segala macam budidaya atau peternakan, tentu saja ada hama dan kendala yang menyertainya. Termasuk dalam hal ini adalah budidaya kroto atau ternak kroto. Hama dalam budidaya kroto menjadi suatu hal yang ditakutkan oleh peternak kroto baik bagi pemula atau pun yang sudah berpengalaman.

Hama budidaya semut kroto rangrang ada beberapa macam. Pertama, cicak. Cicak adalah salah satu hama yan seringkali menerpa para pembudidaya kroto. Loh kok biasa! Ini bicara fakta. Di Kotagede ada laporan ke kami dan sebagian peternak kroto lainnya menceritakan bahwa rak mereka terdapat Cicak yang menyerang dan memakan semut rangrang peliharaannya.

Kami pun bertanya kepada mereka, apa penyebabnya sehingga Cicak bisa menyerang semut krotonya. Setelah ditelusuri, rupanya Cicak bisa ke rak atau kandang kroto melalui dinding yang memang dekat dengan tempat atau kandang kroto. Itulah sebabnya, saran kami jangan membuat rak atau kandang kroto terlalu dekat dengan dinding. Tujuannya supaya Cicak tidak bisa loncat dan merusak habitat koloni semut rangrang.

Hama berikutnya atau kedua adalah Tikus. Tikus sebenarnya bukan hama secara langsung. Akan tetapi tikus biasanya “mengobrak abrik” toples koloni beserta makanannya. Yang diincar, biasanya adalah ulat hongkong yang berada dalam wadah khusus. Kejadian ini banyak sekali menimpa peternak kroto sesuai laporan mereka ke kami.

Itulah sebabnya, rak yang paling bawah usahakan tidak terlalu rendah. Tujuannya supaya tikus tidak bisa naik dan mengganggu budidaya kroto anda. Cara lainnya, tutup semua celah yang kemungkinan tikus bisa masuk melalui celah tersebut.

Demikian sedikit informasi tentang hama budidaya semut rangrang penghasil kroto. Semoga bermanfaat.

Anda berminat budidaya kroto? Kami sedia bibit kroto ready stock. Siap kirim kirim ke seluruh pelosok tanah air. Hub 08562978531.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s